Belajar di Kelas dengan Smartphone


Masih teringat dalam ingatan ketika dulu saya belajar di sekolah (SDN Arcamanik, SMP Muhammadiyah 8 Bandung, dan SMUN 23 Bandung) belum ada smartphone atau biasa di sebut telepon pintar. Dulu mencari informasi pastilah melalui media cetak seperti koran atau selebaran yang di sebar di masjid. Berbeda 360 derajat dengan sekarang di mana mencari informasi sangatlah mudah, semudah menekan tombol di touch screen telepon pintar lalu muncul informasi yang dibutuhkan.

Penggunaan smartphone di dalam kelas ketika sekolah sudah pasti dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar tentunya dengan melalui proses pengarahan oleh sang guru. Smartphone selain memiliki kemampuan dalam berinternet juga memiliki ribuan aplikasi yang dapat digunakan sebagai proses atau media belajar mengajar. Oleh karena itu sayang sekali apabila smartphone tidak digunakan sama sekali dalam proses belajar mengajar di kelas.

Coba bayangkan ketika guru mengajar pelajaran yang cukup rumit tanpa menggunakan visualisasi atau simulasi, dapat dipastikan siswa akan merasa bosan dan tidak jarang juga ketiduran di dalam kelas. Namun perlengkapan simulasi maupun visualisasi harganya sangat lah mahal dan belum tentu semua guru bahkan sekolah mampu membeli perlengkapan tersebut. Lalu mengapa guru tidak menggunakan smartphone atau telepon pintar yang sekarang rata-rata para siswa memiliki telepon pintarnya sendiri dalam proses belajar mengajar di kelas.

Guru tinggal mengarahkan para siswa untuk berkunjung ke berbagai website yang memiliki literatur yang berkaitan dengan pelajaran yang diajarkan atau gunakan aplikasi aplikasi yang tersedia gratis di google play, apple store atau knowledge store yang ada di http://www.goesmart.com. Dengan demikian pekerjaan guru akan sedikit berkurang bebannya dan lebih mengarahkan siswa untuk belajar sendiri serta melakukan diskusi bersama guru maupun teman-temannya. Bukan hal mustahil juga ke depannya para siswa akan belajar berdasarkan proyek atau biasa di sebut dengan project based study.

Dengan demikian siswa akan lebih aktif menggunakan smartphone-nya dan guru pun akan lebih mudah dalam memberikan pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s