Konsep Trend website eShop Retail Saat ini


Artikel ini ditulis untuk mengingatkan saya dan rekan-rekan semua konsep eShop (toko online retail) seperti apa yang lagi ngetren saat ini. Ada beberapa poin yang saya simpulkan dari hasil browsing dan study tour ke berbagai eShop internasional. Ini adalah kesimpulannya:

  1. Buat toko retail anda lebih premium, artinya jadikan website eShop anda spesialis menjual brand-brand ternama atau bisa juga produk unik. Selain itu, beri pengumuman bahwa yang bisa mendapatkan diskon atau fasilitas tertentu hanyalah user yang sudah terdaftar di keanggotaan premium anda.
  2. Saat user masuk ke situs anda (www.domainanda.com), buat form sign up dan sign in di halaman utama website. Dengan demikian, anda memperoleh calon konsumen berprospek. Di sini program autoresponder berperan sangat penting sekali.
  3. Di halaman utama website eShop anda, berikan satu gambar latar (background) seperti poster sederhana (berikan kesan ekslusif, karena anda menawarkan produk-produk premium, dengan menggunakan model orang yang menarik dan usahakan jangan terlalu ramai). Fokuskan pengunjung untuk mendaftar menjadi anggota website eShop anda.
  4. Adanya potongan (diskon) barang s.d 75 persen, karena itulah yang bisa menarik banyak user untuk menjadi anggota premium situs eShop anda.
  5. Untuk supplier produk, usahakan bekerja sama dengan produk yang memiliki merk ternama seperti Adidas, Nike, dll.
  6. Desain dan fitur website tidaklah harus indah dan memiliki banyak fungsi, namun buatlah desain yang jelas (clean) dan fitur eShop yang sederhana (simple).
  7. Ketika user memesan barang melalui fasilitas eShop, berikan satu langkah pembelian saja dan tidak bertele-tele dengan hanya memberikan formulir pembelian berisi cara pembayaran, akun kartu kredit/transfer bank, verifikasi, dll (usahakan sedikit mungkin form yang harus di isi).
  8. Berikan bonus kepada user anda yang berhasil membawa temannya untuk membeli barang pertamanya di eShop anda (saya sarankan di atas Rp 20.000 dan setelah pembelian berikutnya tidak mendapatkan bonus). Jangan lupa juga masukkan program afiliasi yang memberikan keuntungan sekitar 15% tiap kali user yang di undang melalui user yang lain membeli salah satu produk anda (oleh karenanya anda harus memikirkan bagaimana cara me-leverage produk-produk anda).

Well, baru itu saja yang bisa saya simpulkan dari hasil browsing ke berbagai eShop internasional yang baru di buat tahun 2008 s.d 2010 dan sudah memiliki keuntungan total rata-rata di atas 2 juta US dollar.

Jadi jika anda hendak memesan eShop (website) lakukanlah penelitian terlebih dahulu atau gunakan saran-saran yang saya terangkan di atas. Atau jika memang anda bingung dan tidak mau tahu urusan pembuatan website sesuai dengan yang saya sebutkan di atas, silakan hubungi saya dengan berkunjung ke www.dhezain.com atau melalui nomor HP 081519273975. Saya akan berusaha untuk membantu anda dalam memasarkan dan meningkatkan awareness online produk retail anda.

Good Luck,

Denny Nugroho
081519273975
denny_nugroho@yahoo.com
www.dhezain.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s