SEO team Building


Bagi sebuah perusahaan, Search Engine Optimisation adalah pekerjaan tim. Tim-tim kampanye SEO ini terdiri dari penulis, marketing, research, programer, dan sedikit ilmu matematika🙂. Pada artikel kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan betapa pentingnya keterkaitan antar berbagai profesi di perusahaan anda untuk mengkonversi halaman HTML perusahaan anda menjadi sebuah lumbung penjualan.

Dhezain Good

Untuk melakukan kampanye SEO, anda memerlukan beberapa keahlian berikut ini:

  1. Menulis dan mengedit tulisan
  2. Merancang halaman web
  3. Memprogram (programming)
  4. Mengkreasikan penulisan iklan
  5. Mampu melakukan penelitian
  6. Mampu menganalisa server log (siapa saja yang mengakses halaman situs, dll)
  7. Mampu melacak hasil konversi pengunjung menjadi konsumen
  8. Memiliki kemampuan komunikasi untuk membangun link (hubungan)

Jika anda bisa melakukan semua itu sendirian, maka bisa saya katakan bahwa anda adalah seorang yang sangat HEBAT. Mengapa begitu? Karena anda termasuk dari segelintir orang yang mampu melakukan semuanya sendirian. Tidak banyak orang yang mampu melakukan kemampuan SEO yang saya sebutkan di atas sendirian dan dilakukan secara konsisten tiap hari.

Tanpa sebuah tim, SEO anda akan menderita

 

Dhezain Good

Jika anda tidak memiliki semua kemampuan yang saya sebutkan di atas, maka anda harus memiliki sebuah tim. Tim SEO tidak perlu terdiri dari banyak pegawai, yang anda perlukan hanyalah beberapa profesi saja. Berikut ini saya jabarkan profesi-profesi tersebut:

  1. Marketing, Sales, dan Humas

    Marketing diperlukan dalam menangani offline marketing seperti iklan pada media cetak, televisi, radio, billboard; dan online marketing seperti iklan banner, dan email. Marketing sangat diperlukan dalam hal SEO seperti penentuan dan penelitian keyword, menulis teks untuk judul dan deskripsi halaman, menulis dan mengatur iklan Pay Per Click, serta mengeksekusi kampanye link building.

    Sales adalah profesi yang sangat dekat dengan pelanggan atau konsumen anda. Biasanya para sales (penjual) ini selalu mendapatkan ide untuk menambahkan keyword. Cara paling mudah untuk membantu sales melacak konversi pengunjung dari website adalah dengan menyiapkan nomor telepon khusus dan ditampilkan di halaman utama website. Rumusan Sales: SEO –> Pengunjung Website –> Semakin banyak telepon –> Semakin banyak penjualan –> Bonus Besar.

    Humas adalah profesi yang dibutuhkan untuk mengkomunikasikan kampanye SEO. Humas merupakan penjaga nama baik merk perusahaan, pembuat, dan pengawas internal perusahaan ke publik. Minta tolonglah ke bagian HUMAS anda untuk memperoleh keyword, optimalisasi konfrensi pers, link building, dan menyatukan link/list search engine dengan merk perusahaan anda. Humas selalu fokus dalam penyebutan nama perusahaan di media dan meyakinkan penulisan nama perusahaan tersebut selalu akurat dan bersifat positif.

  2. IT, Webmaster, dan Programmer

    Saya akan menyebut ketiga profesi ini sebagai IT. IT dibutuhkan dalam mengedit konten website, konversi tracking, penyetingan server, memprogram, dan mengutak atik file robots.txt. Perlu diingat bahwa mengkomunikasikan apa yang anda inginkan dengan staf IT harus dengan bahasa-bahasa yang dimengerti oleh staf IT. Perlu anda ingat juga bahwa staf IT menyukai pekerjaan yang rumit dan banyak, dan pekerjaan SEO merupakan pekerjaan yang tidak terlalu sulit bagi para staf IT. Jadi pintar-pintarlah memberikan pekerjaan SEO kepada para staf IT ini.

  3. Graphic Designer

    Graphic designer bekerja untuk memberikan penampilan yang bagus pada website anda. Konflik yang terjadi antara SEO dan graphic designer adalah pada hasil akhirnya. Jika SEO mengoptimalisasi website agar mudah di baca oleh pengunjung bukan manusia (robot search engine) maka graphic designer lebih memfokuskan diri pada pengunjung manusia. Oleh karenanya, anda harus duduk bersama-sama untuk membuat SEO bekerja baik oleh anda maupun oleh graphic designer anda.

  4. Penulis dan Editor

    Dikarenakan SEO selalu fokus dalam teks, anda akan selalu memerlukan seorang penulis. Penulis dan editor ini akan membantu anda dalam mencari keyword, menulis konten dengan keyword yang sudah ditentukan, menulis konten iklan, dan mereview konten SEO.

Mungkin banyak di antara anda sekalian yang sudah melakukan semua pekerjaan SEO sendiri seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Namun tidak jarang pula banyak di antara anda yang merasa frustrasi apabila sudah melakukan semua hal yang saya sebutkan di atas namun tidak mendapatkan hasil yang anda mau. Mungkin sudah saatnya anda membagi-bagi pekerjaan tersebut kepada para karyawan anda, khususnya kepada 4 bagian pekerjaan yang saya sebutkan di atas. Jika anda tidak memiliki karyawan, anda bisa melakukannya sendiri atau menyerahkan pekerjaan SEO ini kepada perusahaan yang khusus bergerak di bidang SEO.

Semoga artikel ini bisa memperkaya informasi anda dalam meningkatkan konversi pengunjung website menjadi konsumen perusahaan anda.

Regard

Denny Nugroho
081519273975
www.dhezain.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s