Bagaimana Cara Melakukan SEO pada Website Bisnis Anda?


Pasti anda sudah tahu (atau bahkan belum tahu) apa itu SEO dan apa fungsinya untuk kelangsungan bisnis atau usaha anda. Sederhananya SEO (Search Engine Optimisation) atau yang lebih dikenal dengan pengoptimalisasian mesin pencari ini merupakan sebuah cara agar website anda bisa mendapatkan trafik pengunjung yang melimpah. Trafik pengunjung melimpah = promosi gencar = penjualan produk meningkat tajam (menarik bukan🙂 ).

Dhezain Good
Untuk melakukan SEO, anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu antara lain:

  1. Menentukan tujuan bisnis anda
    Poin pertama ini sangat penting untuk dilakukan, karena dengan adanya tujuan bisnis atau usaha maka anda akan selalu fokus untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Menentukan fungsi apa saja yang dibutuhkan di dalam website anda
    Setelah fokus pada tujuan, selanjutnya anda pasti bisa menentukan fungsi apa saja yang dibutuhkan dalam website anda. Apakah anda butuh website dengan fungsi Live Chat, eCommerce sederhana/lengkap, Musik, Games, Download aplikasi, download ebook, dll.
  3. Menentukan pengunjung situs website anda
    Mengetahui siapa saja yang anda inginkan untuk mengunjungi website anda akan sangat membantu dalam mengambil keputusan penting seperti pemilihan keyword (kata kunci), pendaftaran direktori bisnis, dan penentuan biaya iklan.
  4. Menentukan apa yang ingin dilakukan pengunjung ketika sedang menjelajahi website anda
    Andalah yang menentukan dan mengendalikan pengunjung ketika sedang menjelajahi website anda. Oleh karena itu, mendefinisikan hal-hal apa saja yang ingin  diketahui pengunjung tentang isi website anda adalah hal yang sangat penting. Contohnya adalah pengunjung mengisi formulir pendaftaran, memberi komentar, menelepon anda, melihat beberapa halaman di dalam website anda, melihat iklan yang anda pasang, dll.
  5. Tentukan halaman website mana yang paling anda inginkan untuk dikunjungi oleh user
    Hal ini sangat penting karena dengan demikian anda bisa mengkonversi pengunjung yang tadinya hanya melihat-lihat saja menjadi seorang pembeli potensial. Halaman-halaman seperti ini biasanya disebut dengan landing page. Halaman ini haruslah berisi konten-konten tujuan utama bisnis anda. Contoh: halaman pengunjung untuk mengunduh eKatalog, brosur, ebook, produk yang anda jual, dll.
  6. Lakukan pengukuran kesuksesan SEO yang anda lakukan
    Dengan melakukan pengukuran maka anda bisa menentukan apa saja yang kurang dari kampanye SEO yang sudah anda lakukan. Istilahnya pengukuran ini adalah cek dan ricek apa yang sudah anda usahakan. Cara paling utama untuk melakukan pengukuran adalah dengan melacak hasil SEO. Pelacakan ini bisa dilakukan dengan mengecek ‘apakah anda sudah menjadi nomor 1 di google’; dan ‘membandingkan jumlah penjualan sebelum dan sesudah melakukan SEO’.
  7. Teks sangat disukai oleh mesin pencari
    Buatlah halaman khusus untuk blog pada website anda dan usahakan tiap hari anda mengupdate isi blog tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu mengupdate berita-berita pada halaman depan website anda, selain itu berilah meta [name,description] pada halaman depan situs anda maupun halaman-halaman lainnya. Jangan pernah berpikir untuk mencurangi mesin pencari, karena apabila ketahuan oleh mesin pencari maka website anda akan di blacklist selama-lamanya.

Masih banyak cara-cara untuk melakukan SEO pada website, namun ketujuh hal yang saya sebutkan di atas adalah fondasi dasar yang harus anda ketahui dan kerjakan. Sebenarnya saya ingin memberikan suplemen-suplemen SEO penting yang harus dilakukan tiap hari. Namun saya akan membahasnya nanti di artikel selanjutnya. Untuk sementara lakukanlah ketujuh hal di atas untuk meningkatkan jumlah pengunjung anda sesuai dengan yang anda inginkan.

Regard

Denny Nugroho
netpreneur

4 thoughts on “Bagaimana Cara Melakukan SEO pada Website Bisnis Anda?

    • yap..SEO memang ga bakal ada habisnya untuk dibicarakan mas! soalnya hampir tiap minggu mesin pencari mengubah cara-cara robot nya bergerak. Salam sukses juga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s