Bagaimana Cara Berjualan Produk di Internet


Berjualan produk di Internet gampang-gampang susah, jika tidak tahu caranya maka usaha yang dilakukan hanya akan menjadi sia-sia. Banyak pedagang offline yang ingin berjualan secara online, namun banyak pula yang mengeluhkan susahnya berjualan online karena tidak pernah berhasil menjual barang satu pun.

Sebenarnya berjualan di internet dapat menghasilkan keuntungan yang besar apabila tahu bagaimana cara menjualnya, berikut ini saya jabarkan beberapa teknik yang sudah terbukti bisa mendatangkan keuntungan:

  1. Buat website jualan dengan domain sendiri

    Dengan membuat situs jualan sendiri, maka anda bisa menjual produk dengan cara anda sendiri. Selain itu, dengan membuat situs sendiri maka pelanggan anda akan semakin percaya dan sadar bahwa mereka tidak akan merasa di tipu. Namun, perlu ditekankan di sini bahwa berdagang online merupakan bisnis kejujuran. Sekali anda mengecewakan pelanggan, maka seketika itu pula nama situs anda (termasuk produk) akan tercemar.

    Jangan lupa untuk mencantumkan nama, alamat, foto anda dan nomor telepon yang bisa dihubungi di situs jualan anda. Hal ini sangat perlu dilakukan karena dengan begitu pelanggan bisa semakin percaya kepada anda. Selain itu, apabila anda sudah memiliki pelanggan usahakan anda memasang foto pelanggan anda di halaman Testimoni. Jika tidak ada foto pelanggan, mintalah pada pelanggan anda tersebut untuk memberikan testimoninya. Hal ini dilakukan untuk semakin meningkatkan citra situs jualan anda.

    Penggunaan kartu kredit di Indonesia untuk membeli secara online masih dirasa menakutkan bagi mayoritas penduduk Indonesia. Oleh karenanya, pemasangan fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit di website anda tidak perlu ada. Cukup dengan transfer uang melalui bank dan pengiriman barang melalui Pos/Tiki/jasa paket lainnya.

    Jangan lupa untuk menghubungkan website anda dengan website social media seperti facebook, twitter, myspace, dan situs social media lainnya untuk semakin meningkatkan penjualan anda. Jangan lupa juga untuk membuat halaman blog di mana anda harus terus mengupdate artikel pada blog anda. Update blog akan sangat mempengaruhi jumlah trafik pengunjung website anda.

    Lalu bagaimana cara anda membuat website jualan? Anda bisa membuat website sendiri GRATIS dengan menggunakan CMS-CMS (Content Management System) sendiri seperti Joomla+Virtuemart, WordPress, Opencart, Magento, OSCommerce, dll. Namun jika anda tidak ingin dipusingkan untuk membuat website jualan dan hanya fokus di penjualan saja, maka anda bisa menggunakan jasa pembuatan situs murah seperti dhezain.com yang hanya memberi tarif pembuatan situs sebesar Rp 250.000,- saja (biaya termasuk hosting dan domain). Untuk informasi lebih lanjut apa saja syarat dan ketentuannya silakan klik link ini.

    Dhezain Good  

  2. Gunakan Facebook untuk Berjualan

    Facebook merupakan website sosial media yang memiliki kemampuan untuk menjaring koneksi. Kemampuan inilah yang menjadikan facebook sebagai sarana untuk mendapatkan pelanggan. Facebook memiliki fasilitas untuk menyimpan foto/gambar dan gambar-gambar tersebut bisa di tag (semacam pemberitahuan kepada teman-teman bahwa anda memiliki gambar baru). Selain itu gambar-gambar yang di tag tersebut juga bisa di beri komentar. Nah komentar inilah yang biasanya digunakan sebagai sarana transaksi. Selain melalui komentar, pedagang juga bisa mengirimkan pesan melalui fasilitas Message.

    Facebook 

  3. Gunakan Twitter

    Selain facebook, gunakan juga twitter untuk memberitahu bahwa anda menjual jasa/produk. Hanya saja, di twitter anda tidak bisa mencantumkan huruf lebih dari 160. Oleh karenanya anda harus memberi link agar pengunjung twitter anda bisa langsung masuk ke website jualan anda.

    Facebook

  4. Gunakan Blog Gratis seperti WordPress dan Blogspot

    Anda juga harus memiliki blog gratis seperti wordpress atau blogspot untuk meningkatkan trafik pengunjung anda. Melalui blog-blog gratis inilah biasanya mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll menampilkan produk-produk anda.

    Blog

  5. Gunakan Shopping Online Gratis

    Shopping online gratis seperti tokopedia atau ebay bisa turut memberikan andil dalam menghasilkan keuntungan melalui online. Situs-situs shopping online tersebut memiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk digunakan sebagai sarana shopping online.

Itulah beberapa cara efektif bagaimana berjualan di internet. Sebenarnya masih banyak cara lain untuk berjualan secara online seperti email marketing, social media marketing, affiliasi marketing, dll. Nanti saya akan beberkan lebih lengkap bagaimana melakukan marketing-marketing online di postingan selanjutnya.

Regard

Denny Nugroho
Dhezain.com
081519273975

6 thoughts on “Bagaimana Cara Berjualan Produk di Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s