Cara singkat membuat situs ecommerce dengan wordpress!


Satu tahun yang lalu saya menggunakan Joomla untuk membuat situs ecommerce (orderboneka.com). Sampai saat ini pun situs orderboneka masih menggunakan Joomla sebagai CMS nya. Setelah saya iseng mencari-cari CMS lain yang lebih mudah dan lebih irit dalam hal kapasitas, saya menemukan WORDPRESS sebagai solusinya.

Saya menemukan sebuah situs yang menyediakan theme gratis untuk didownload dan digunakan. Themes ini sangat sempurna dan mudah dalam pemakaiannya. Anda bisa melihat dan mengunjunginya di sini. Proses instalasinya sangat mudah, anda tinggal memasukkan hasil download ke dalam folder wp-content/themes/. Kemudian masuk ke administrator WordPress dan pilih appearance, lalu ganti theme nya.

Walaaaaa…anda memiliki situs ecommerce yang keren dan cocok buat jualan apa pun.

Themes ini memiliki banyak fungsi dalam bidang ecommerce antara lain:

  • Desain yang keren
  • Galeri foto yang cocok untuk ecommerce
  • Penempatan keterangan produk yang sangat bagus
  • Terdapat proses checkout
  • Adanya proses pembayaran via online (paypal, worldpay, dll)
  • Tersedia tempat untuk memasukkan kode google analytic
  • Memiliki kemampuan integrasi yang baik dengan sistem wordpress dan plug in lainnya

Dari beberapa poin yang saya sebut di atas, saya merekomendasikan themes ini untuk dipakai sebagai theme situs ecommerce anda, karena saya pun berencana untuk mengganti situs orderboneka.com dengan wordpress dan tentu saja dengan themes ini.

Sebenarnya wordpress memiliki plug in yang bernama wp-ecommerce. Dengan menggunakan plug in ini anda bisa membuat situs wordpress dengan themes apapun. Namun jujur saja, saya malas untuk mengoprak oprek plug in karena cukup rumit. Namun jika anda bersikeras untuk memakai plug in ini, saya memiliki satu themes bagus dan anda bisa mendownloadnya di siniatau anda bisa melihat demonya di sini.

17 thoughts on “Cara singkat membuat situs ecommerce dengan wordpress!

  1. makasih banget pak,, info ini bisa saya jadikan pembelajaran buat saya mengenai wp ecommerce. itung2 dari pada membeli buku kan mending baca2 di blog para blogger indo. jaya selalu blogger indo.

  2. kalo boleh saya minta tolong donk diajarin buat situs e-commerce,agar saya lebih bisa memahami tentang e-commerce,siapa tau saya bisa punya bisnis lewat e-commerce ini.
    Mohon bantuannya,terima kasih

Tinggalkan Balasan

