Objek Drawing


Kemampuan flash dalam mengutak atik objek sangat lah patut diacungi jempol. Perhatikan keempat gambar di bawah. Flash selain memiliki kemampuan untuk mengutak-atik gambar vektor, flash juga bisa menggambar objek-objek dimana hasil gambar vektor nya tidak terlihat. Hal ini dinamakan dengan Object Drawing. Dengan menggunakan object drawing, anda tidak perlu khawatir gambar vektor buatan anda di flash rusak karena tertimpa gambar vektor lainnya. Anda bisa membuat object drawing dengan menekan tombol j pada keyboard.
Lalu bagaimana caranya mengubah object drawing itu menjadi vektor kembali, sangat mudah. Anda bisa menggunakan fasilitas break apart dengan menekan tombol ctrl + B. Untuk mengelompokkan objek-objek anda bisa menggunakan fasilitas group dengan menekan tombol ctrl + g.

Satu lagi kemampuan flash dalam memanipulasi objek adalah dengan memanipulasi stroke objek itu sendiri. Dengan menggunakan fasilitas ini anda bisa mengubah bentuk-bentuk dasar objek menjadi objek yang anda inginkan. Awesome Feature!

Fasilitas-fasilitas di atas adalah fasilitas yang sudah lama ada di flash, namun meski begitu fasilitas ini masih sangat dibutuhkan dan sering digunakan oleh para desainer ataupun developer flash.

manipulasi-manipulasi objek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s