Konsumen yang belum mengerti dan sedikit menyebalkan


Hari ini dan hari kemaren mungkin adalah salah satu hari menyebalkan yang pernah ku alami selama melayani konsumen. Hal itu bermula dari orang yang memesan boneka untuk universitas-nya. Awalnya saya merasa konsumen ini seperti konsumen lainnya yang pernah saya layani.

Namun setelah dikebut untuk menyelesaikan boneka yang dipesan (satu minggu untuk dua ratus boneka), kemudian saya meminta pembayaran dilakukan sebelum barang di kirim (Hal biasa yang dilakukan apabila berbisnis OL) si pemesan protes karena dia beranggapan bahwa dia sudah berbuat itikad baik karena sudah membayar pembayaran pertama. Walhasil di situlah saya merasa bimbang, karena saya pernah di khianati oleh pelanggan saya, yang saat ini sudah saya black list.

Namun karena saya percaya bahwa alloh SWT akan selalu memberi karunianya, maka saya iyakan untuk mengirim ke dua ratus boneka tersebut dengan pembayaran setelah pengiriman. Tak berapa lama setelah saya sudah mengirimkan barang melalui travel (karena terburu2 dan hari ini harus sudah sampai), beliau meng-sms saya bahwa pool nya terlalu jauh dan tidak punya kendaraan. Padahal saya selesai membuat boneka itu di jam 23.00 dan beliiau hendak memakai boneka itu untuk keesokan harinya. Saya bela-belain mencari pengiriman yang masih buka di jam malam tersebut.

Lalu saya berpikir tentang banyaknya tipe pelanggan di dunia perdagangan yang baru saya masuki selama kurang lebih satu semester ini. Namun tipe ini adalah tipe yang paling sulit untuk dilayani.
Meskipun begitu, saya hanya bisa mengambil hikmah dari kejadian ini karena terus terang saja, kerugian yang saya derita sangatlah besar (materi dan imateriil). Namun saya harus terus berjuang, karena saya masih belajar dan akan terus belajar untuk mengambil berbagai resiko (baik kecil maupun besar).

Semoga ini adalah sebuah jalan kecil untuk menuju cahaya usaha yang cerah d masa depan.

Amiiin
Semangaaaaatttt ^_^

Regard

Denny Nugroho

One thought on “Konsumen yang belum mengerti dan sedikit menyebalkan

  1. salam kenal Pak Deny,
    mudah-mudahan udah nggak bete lagi atas kejadian diatas. Saya percaya sebagai pedagang pastinya all-out berusaha melayani namun feedback sering kali tidak seperti yg kita harapkan dan itu tidak terbatas apakah dia pelanggan corporate ataupun pelanggan individu.

    salam

Tinggalkan Balasan

