Kegiatan sehari-hari seorang net generation!


Betapa enaknya menjadi seorang net generation, berikut kisah yang saya kutip dari buku grown up digital karya Don Tapscott. Kisah ini banyak dialami oleh kaum net generetion di Amerika dan di seluruh pelosok dunia. Salah satunya adalah yang dialami Rahaf (24 tahun) dan menjadi kesibukannya sehari-hari. Rahaf adalah seorang netpreneur yang memiliki banyak proyek di seluruh dunia. Beliau keluar dari pekerjaannya sebagai peneliti pasar di sebuah perusahaan terkenal, dan saat ini menjadi pengatur strategi bebas. Berikut ini kegiatan sehari-hari yang dilakukan Rahaf:

Jam 10.00: Bangun, sikat gigi, mandi, minum kopi, dan sedikit sarapan. “saya sangat senang bisa bangun sesuai dengan keinginan, Jam 10.00 saya pikir adalah waktu subuh bagi saya”

Jam 10.30:  Membuka MacBook, dan mengecek jadwal di http://www.iwantsandy.com, dan melihat apa yang sudah saya rencanakan selama setahun penuh (hari demi hari). Menggunakan google blog reader untuk mengecek apa yang terjadi di blogsphere dan melihat google news untuk mendapatkan hal-hal yang menjadi sebuah daya tarik bagi saya dan pekerjaan saya. Saya masuk ke RSS feed untuk mendapatkan berita yang berkaitan dengan saya.

Jam 11.00: Mulai mengerjakan proyek klien. Masuk ke Wiki client untuk melihat apa yang sudah saya tambahkan di malam sebelumnya. Membuat beberapa perubahan dan masukan. Menambah beberapa tambahan pada time line. Menggunakan google notebook untuk mengambil beberapa halaman sebagai dasar penelitian. MSN dengan teman, dan mengecek beberapa film lucu di YouTube.

12.00: Ber-Skype dengan adiknya di London. Hangout bersama lewat videoconfrence sambil bekerja.

13.30: Menggunakan Skype untuk menghubungi kakeknya di Syria.

14.00: Pergi ke gym, memasukkan podcast terbaru ke dalam iPod.

15.00: Dalam perjalanan pulang, saya mendapatkan pesan dari kakak perempuan saya yang mengingatkan bahwa hari ultah ibu saya segera tiba. Saya menulis jadwal tersebut di sandy dan sandy secara otomatis menambahkannya ke dalam google calender yang bisa saya masukkan lewat blackberry.

15.30: Meeting dengan client. Menggunakan GPS Blackberry untuk mencari arah ke kota client. Chat dengan teman dengan google chat.

17.00: Kembali ke meja kerja saya.  Saya melihat teman saya sudah menjadwalkan saya untuk menonton film di event calender google. Saya melihat review nya di Rottentomatoes.com, dan memang filmnya bagus. Mendengarkan iTunes sambil bekerja dan masuk ke seeqpod.com. Ayah men-Skype saya, kami melakukan video chatting dan membuat rencana di akhir minggu. Dan beliau mendaftarkannya ke salah satu calender feed milik saya, jadi beliau tahu saya libur di hari itu.

18.00: Makan malam. Mencari resep di cookthink.com dan membuat makanan favorit saya, uenak..

19.00: Online lagi dengan teman, membayar tagihan, memeli hadiah ulang tahun untuk ibu di amazon, mengecek facebook. Mendapatkan MMS dari kakak.

20.00 – 22.00: Pergi keluar bersama teman, mengecek tayangan Oprah. Melihat beberapa acara TV di Joost.com. Mendiskusikan episode akhir di forum.

22.00 – 01.30: menyelesaikan pekerjaan client

02.00: memainkan X Box live dengan teman.

02.30: Mengupdate Shelfari.com dengan buku terakhir yang saya buat. Saya menilainya dan mendiskusikannya dengan teman-teman online saya.

02.45: Mengecek “daily digest” yang dikirim sandy untuk meeting besok dan apa yang harus dilakukan. Memprioritaskan pekerjaan dan bersiap untuk tidur.

Begitulah kegiatan sehari-hari yang dilakukan Rahaf. Karena penasaran saya bertanya pada dia, mengapa dia meninggalkan pekerjaannya untuk menjadi entrepreneur. Dia diam sesaat dan berkata “saya bukanlah orang yang bisa bangun pagi”.

Hmm..tertarik menjadi seperti rahaf!

Regard

Denny Nugroho

One thought on “Kegiatan sehari-hari seorang net generation!

Tinggalkan Balasan

