Buat Situs Merchant dengan OSCommerce


Membuat situs merchant (dagang) sangatlah rumit karena menggunakan serangkaian bahasa pemrograman internet yang cukup njlimet. Banyak di antara kita, para pedagang yang ingin mengalihkan bisnisnya dari off-line ke sistem on-line namun tidak tahu cara untuk melakukannya. Para pedagang off-line yang memang kurang awam perihal teknologi internet acapkali di sedot uangnya untuk membuat barang dagangannya dimunculkan di dunia maya.

Sebenarnya ada cara lain yang gratis dan murah untuk membuat situs merchant, yaitu dengan menggunakan CMS (Content Management System) gratis yang dinamakan dengan Joomla di tambah dengan tambahan perangkat yang dinamakan dengan Virtuemart. Sistem online ini sangat gratis, dan stabil untuk digunakan. Saya pun menggunakan sistem ini di situs saya (lihat www.woodvehicle.com).

Seiring berjalannya waktu, saya menemukan sistem lain yang sangat mudah untuk dioperasikan yaitu OSCommerce. Sungguh ketika saya mencoba sistem ini ternyata lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan Joomla. Jika saya mempelajari dan mengaplikasikan Joomla+Virtuemart membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu, maka dengan aplikasi OSCommerce saya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk mempelajari dan mengaplikasikan sistem ini. Coba lihat situs teman saya ini (www.ngebatik.com), dia menggunakan sistem OSCommerce untuk membuat situsnya. Tampilannya sangat bagus (karena tersedia banyak template di luar sana) dan aplikasinya pun benar-benar digunakan untuk berjualan online.

Untuk para pedagang yang ingin beralih atau ingin memperluas wilayah dagangannya, maka OSCommerce merupakan pilihan yang sangat saya rekomendasikan untuk digunakan karena sifatnya yang stabil dan penggunaannya yang sangat user friendly. Untuk menginstall aplikasi ini anda bisa mengikuti tutorial yang saya berikan di postingan ini.

Tinggalkan Balasan

