ARTI SEBUAH KONTROVERSI BAGI DUNIA PEMASARAN


Kontroversi alias pertentangan atau yang ditentang adalah sebuah masalah yang memiliki dua sisi berlainan. Satu sisi bisa mendatangkan keuntungan sedangkan sisi lainnya bisa mendatangkan masalah.

Kontroversi bagi dunia pemasaran adalah sebuah upaya untuk mendatangkan pemberitaan. Tidak peduli apakah pemberitaan itu bersifat positif atau negatif, yang penting sebuah pemberitaan akan mendatangkan keuntungan bagi sebuah perusahaan atau produk.

Di era tahun 1900 – sekarang ini, media merupakan sebuah tool yang sangat mengagumkan. Banyak media yang digunakan sebagai sarana pemberitaan seperti televisi, radio, koran, majalah, dan yang paling canggih / murah adalah media internet. Meskipun jenis media sangat banyak namun jika media itu tidak digunakan se-efektif mungkin maka biaya yang dikeluarkan akan terbuang percuma.

Lantas apakah ada cara termurah untuk memasang iklan di sebuah media ? Salah satu media termurah adalah media internet, anda bisa memasang produk anda di sebuah situs dengan biaya kurang dari 1 juta dan bahkan banyak situs yang menawarkan fasilitas gratis untuk memasarkan produk.

Namun jika anda ingin menggunakan banyak media tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dan produk anda di kenal dalam waktu singkat, bagaimana caranya?

Kontroversi adalah jawabannya. Buatlah kontroversi yang paling mencengangkan dunia, saya jamin produk anda akan tertempel di seluruh media dengan gratis. Tidak percaya ! Baiklah saya akan memberikan beberapa contoh kasus yang membuat sebuah produk mengalami peningkatan drastis karena kontroversi.

KASUS INUL DARATISTA

Masih ingatkah anda dengan kasus Inul dengan Bang haji Rhoma Irama dan bagaimana Inul bisa terkenal karena kontroversi-nya menggunakan jurus ngebor di kancah perdangdutan Indonesia.

Inul sangat cerdas dan pintar dalam menarik perhatian orang karena kontroversi-nya. Dengan dua kontroversi saja Inul mampu mendulang sukses dan kekayaan hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun sejak dia hijrah ke Jakarta. Luar biasa !

Kisah Inul mirip dengan kisah David Vs Goliath atau si Kecil Vs Raksasa. Dalam cerita ini Inul adalah David dan Goliath adalah kelompok asosiasi dangdut Indonesia yang di pimpin oleh H.Rhoma Irama. Banyak orang yang tertarik untuk menyaksikan perseteruan dalam cerita David Vs Goliath ini. Karena begitu banyak kisah yang mengharukan dalam cerita ini.

Inul merupakan seorang pemasar diri sejati dan fenomenal meskipun mungkin dia tidak menyadarinya. Semenjak Inul mengeluarkan goyang controversial-nya secara berturut-turut muncullah goyang-goyang controversial lainnya. Namun tetap saja yang paling di ingat adalah goyang ngebor-nya Inul dan bukan goyang lainnya.

Setelah goyang kontroversial Inul terkenal di masyarakat, tiba-tiba datang kritikan dari asosiasi dangdut Indonesia yang di pimpin oleh Rhoma Irama. Rhoma sebagai seorang pedangdut papan atas menyerukan kepada Inul agar menghentikan goyang ngebor-nya karena tidak etis. Bahkan di sebuah konferensi pers Rhoma tidak mau menerima maaf dari Inul sampai-sampai Inul menangis. Tangisan dan penolakan maaf Rhoma inilah yang membuat Inul semakin sukses.

Setelah kejadian itu Inul semakin banyak menerima orderan manggung di TV, acara-acara tokoh masyarakat, dll. Wajah Inul banyak terpampang di koran-koran dan majalah. Inul semakin terkenal bahkan sampai ke mancanegara.

Itu semua karena kontroversi yang dia buat sendiri. Berapa biaya yang dikeluarkan Inul untuk memperoleh itu semua? NOL, Inul tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk mengiklankan dirinya di media. Media sendirilah yang datang ke Inul untuk mencari berita lebih mendalam tentang diri Inul.

Saya tidak memperoleh contoh kasus manfaat kontroversi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Mungkin masih jarang sekali perusahaan atau UKM di Indonesia yang menggunakan kontroversi sebagai alat perang-nya. Jika anda tahu tolong beri tahu saya.

Lalu bagaimanakah jika kontroversi tidak digunakan lagi?

Jawabannya : ketenaran dan kesuksesannya akan menghilang secara perlahan namun pasti. Coba kita lihat Inul sekarang, karena dia tidak membuat sebuah pemberitaan yang kontroversial lagi nama Inul mulai dilupakan oleh masyarakat. Oleh karena-nya dia banting stir jadi seorang investor karaoke, dan bisnis lainnya.

Padahal jika Inul membuat berita-berita kontroversial lain seputar dirinya, mungkin nama Inul masih di ingat di benak masyarakat saat ini. Oleh karena-nya saya sangat menganjurkan bagi para artis, pengusaha, bisnisman, dll untuk mencari dan mengaplikasikan hal-hal berbau kontroversial. Karena dengan begitu bisnisnya akan sukses dalam waktu singkat. Saya sarankan usaha-usaha yang baru muncul untuk menggunakan cara ini karena usaha anda bisa sukses hanya dalam waktu singkat tanpa harus mengeluarkan modal yang besar dan bukan tidak mungkin modal yang anda keluarkan NOL.

Itulah arti kontroversi bagi sebuah perusahaan.

One thought on “ARTI SEBUAH KONTROVERSI BAGI DUNIA PEMASARAN

  1. Ping-balik: Ceritera Dunia - Noorizam Shah dot com | Mendapatkan Pelanggan Setia Anda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s