PIKIRKAN TERBALIK DARI APA YANG DIPIKIRKAN SEKARANG


Judul di atas adalah sebuah judul unik yang memang tidak ada salahnya untuk di bahas dan dimengerti.

Sebenarnya bagaimana caranya agar kita bisa menjual barang lebih banyak dari yang lain? Mungkin anda akan menjawab : cari pembeli sebanyak mungkin, buat produk yang istimewa, dll.

Yah mungkin saat ini anda berpikir lebih luas daripada saya. Mungkin anda berpikir bahwa mencari pembeli sebanyak mungkin sangat harus dilakukan.

Saya akan memberikan satu cara lagi agar penjualan anda meningkat pesat. Caranya adalah dengan BERPIKIR BERLAINAN DENGAN APA YANG ANDA PIKIRKAN SAAT INI. Jadi apabila anda berpikir untuk menjual produk dengan mencari produk sebanyak mungkin maka anda bisa berpikir sebaliknya yaitu menjual produk dengan hanya mencari satu pembeli saja atau bahkan anda tidak perlu mencari pembeli tapi biarkan pembeli yang datang ke anda.

Apabila penjual-penjual konvensional menjajakan barangnya dengan cara menjajakan di meja, maka anda melakukan hal yang berbeda dari itu. Misalnya saja anda tidak menjajakan barang dagangan anda di meja, namun anda menjajakan barang dagangan anda di mobil, di atas kepala orang, di atas badan harimau, atau di tempat-tempat lain yang beda dengan para penjual yang menjajakan produk-nya di meja.

Jika anda tahu mengenai sejarah bagaimana J.CO bisa menjadi toko donat yang disegani, di kenal, dan mampu mengalahkan dominasi Dunkin Donut’s di kancah perdonatan dunia dalam waktu yang sangat singkat, itu dikarenakan J.CO melakukan cara pemasaran yang berbeda dengan toko-toko donat lainnya. Apabila toko-toko donat lainnya tidak mau resepnya atau cara pembuatan donat-nya diketahui oleh orang lain, maka J.CO berpikiran beda. Toko ini lebih memilih cara pembuatan donat yang bisa langsung di lihat oleh para pembelinya. Inilah kekuatan dari berpikir sebaliknya dari apa yang dipikirkan orang atau anda saat ini. Pendiri J.CO tahu dan sudah sangat mengenal rumus itu.

JIka anda tahu salah satu cara agar orang tertarik dengan sebuah produk, maka salah satu caranya adalah anda harus membuat sesuatu yang luar biasa pada produk atau pelayanan yang anda lakukan. Dengan begitu orang akan berpaling pada produk anda karena anda menawrkan sesuatu yang beda dan luar biasa dari pada perusahaan yang lain. Coba baca postingan saya sebelumnya yang membahas mengenai iklan.

Cara ini bisa dilakukan di semua bisnis di dunia ini. Apapun bisnis anda, apabila anda merasa tidak berkembang dan keuntungan yang anda peroleh hanya itu-itu saja. Maka pikirkan cara yang berkebalikan dari cara yang anda atau penjual lain pikirkan saat ini. Dengan begitu anda bisa mendapatkan peluang untuk meningkatkan keuntungan yang anda peroleh.

Saya akan memberikan contoh analisa BERPIKIRAN TERBALIK pada perusahaan telekomunikasi.

Jika kita lihat dari iklan di TV, majalah, pamflet, papan reklame, dan peralatan iklan lainnya maka bisa di lihat bahwa perusahaan-perusahaan telekomunikasi seperti TELKOMSEL, INDOSAT, XL, 3, dll berlomba-lomba memperoleh pelanggan baru dengan cara menurunkan tarif gila-gilaan. Bahkan INDOSAT dan XL berani untuk memberikan tarif murah sebesar 0,00000000000….1 per detik-nya.

Lalu jika saya ingin meluncurkan operator baru misalnya saja saya ingin meluncurkan produk baru bernama TIKTEL (Detik Telekomunikasi). Lalu apa yang harus saya tawarkan kepada para pelanggan yang rata-rata sudah di ambil produk lain. Apalagi produk lain itu, menawarkan tarif semurah itu. Apakah saya dengan produk baru saya bisa bertahan hidup hanya dengan menawarkan tarif lebih murah atau bahkan gratis. Sepertinya untuk mencapai BEP dalam waktu 10 tahun sangat sulit dan bukan tidak mungkin malah saya merugi berjuta-juta dolar. Lalu bagaimana caranya?

Oke, operator lain berpikiran untuk menawarkan tarif yang sangat murah kepada orang pelanggan lain. Mmmm….saya coba pikirkan yang berlainan dengan tarif murah itu. Tentu saja kata murah memiliki lawan kata mahal. Aha…berarti lebih baik saya memberikan tarif yang mahal daripada lawan-lawan saya.

Dengan tarif yang lebih mahal ini, saya lebih menyasar ke kalangan atas atau segmen A. Segmen A memiliki uang yang sangat banyak, dan mereka juga tidak memerlukan kata-kata gratisan, atau murah. Yang mereka inginkan hanyalah koneksi yang bagus, dan pelayanan yang bagus pula. Sehingga mereka akan membayar berapapun untuk memperoleh layanan seperti itu.

TELKOMSEL melakukannya dan tetap saja operator ini menduduki peringkat pertama di antara operator lain. Lantas, bagaimana caranya agar saya bisa bersaing dengan TELKOMSEL yang notabene umurnya sudah sangat tua. Oke mari kita analisis kebalikannya, dan jangan di lihat dari segi tarif karena itu sudah kita analisis.

TELKOMSEL memiliki keunggulan dalam hal koneksi, teknologi, SDM, dan jumlah BTS-nya. TELKOMSEL juga memiliki banyak pelanggan di segmen A dan B. Namun pengalaman yang diperoleh pelanggannya dari TELKOMSEL sedikit sekali. Terutama kalangan segmen B dan C yang menggunakan jasa TELKOMSEL. TELKOMSEL memberikan pengalaman lebih ke tingkat koneksi dan sangat jarang sekali TELKOMSEL memberikan pengalaman lebih besar ke masyarakat banyak.

Jika kita lihat keunggulan operator lain selain TELKOMSEL adalah pengalaman yang diperoleh para pelanggannya. INDOSAT mengeluarkan SMS berlima, XL sering mengadakan konser musik, dll. TELKOMSEL sangat jarang melakukan hal-hal seperti itu.

Ini berarti saya punya salah satu kata yang bisa saya gunakan yaitu kata JARANG, dan kebalikan dari kata JARANG adalah SERING. Aha….berarti untuk mengalahkan TELKOMSEL saya harus SERING memberikan pengalaman kepada calon pelanggan dan pelanggan TIKTEL.

Saya akan membuat dan memberikan semua layanan-layanan yang sudah tersedia di operator-operator selain TELKOMSEL namun TELKOMSEL sendiri belum memiliki/menggunakan layanan itu. Tentu saja dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan operator lain. Karena kata kunci sebelumnya adalah MAHAL.

Berikut ini adalah hasil analisa BERKEBALIKAN saya:

  • Membuat Tarif Lebih Mahal Dibandingkan Dengan Operator Lain

  • Memberikan Layanan-Layanan yang Sudah Ada di Operator-Operator Selain TELKOMSEL

  • Memberikan Pengalaman Positif Kepada Para Pelanggan dalam Menggunakan TIKTEL

Itulah cara-cara BERKEBALIKAN untuk mengembangkan bisnis telekomunikasi saya dengan produk bernama TIKTEL.

Jadi untuk memperoleh pelanggan yang banyak buatlah cara-cara yang berkebalikan dari apa yang anda pikirkan saat ini. Itu adalah salah satu cara agar produk anda bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar daripada yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s