ARTI SEORANG PEMBELI


Apa arti seorang pembeli bagi seorang penjual? Bagaimanakan hubungan antara pembeli dan penjual? Apa pengaruh pembeli terhadap penjualan produk? Apa yang harus dilakukan untuk memperoleh pembeli lebih banyak lagi? Bagaimana cara agar pembeli bisa menjadi pelanggan yang setia?

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang harus di jawab dan dipahami oleh semua penjual di muka bumi ini. Dengan memahami jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, maka keuntungan akan datang secara otomatis.

Kita coba bahas semua pertanyaan-pertanyaan di atas.

APA ARTI SEORANG PEMBELI BAGI SEORANG PENJUAL?

Seorang pembeli seharusnya memiliki peranan dan makna yang paling utama bagi seorang penjual. Namun seringkali kita dapati para penjual yang memberikan pelayanan setengah-setengah atau bahkan buruk kepada calon pembeli-nya. Ini baru calon, belum menjadi pembeli.

Menurut saya ada tiga tahapan pembeli yang membangun, dan tahapan itu memiliki ‘jenjang karir’ sendiri. Tahap pertama adalah calon pembeli. Apabila produk atau jasa yang anda tawarkan masih baru dan membutuhkan seorang calon pembeli, maka apa yang harus dilakukan. Pasti anda akan sangat bersemangat sekali dalam melakukan perburuan calon pembeli ini, betul kan?.

Namun ketika calon pembeli anda naik tingkat menjadi pembeli, maka apa yang sebaiknya anda lakukan. Pasti anda akan menawarkan produk-produk anda yang lain, dan berusaha untuk melakukan perubahan persepsi pada pembeli anda. Misalkan saja anda menawarkan produk anda yang lain ketika si pembeli sudah ‘tertarik’ pada produk yang sebelumnya anda tawarkan. Jadi melakukan ekspansi produk secara berkelanjutan untuk memperoleh keuntungan lebih banyak lagi ketika calon pembeli berubah fase menjadi pembeli. Itulah yang harus dilakukan oleh seorang penjual terhadap calon pembeli yang baru berubah fase menjadi pembeli.

Lalu bagaimana tahapan ketiga ketika si pembeli menjadi pelanggan. Apabila anda berhasil mengubah fase pembeli menjadi seorang pelanggan, maka anda sudah sukses dalam menjual produk. Inilah tahapan yang dinanti-nantikan seorang penjual, karena seorang pelanggan akan membawakan keuntungan yang otomatis datang kepada si penjual. Kok bisa? Yap, ini dikarenakan seorang pelanggan akan terus datang dan membeli produk dari penjual langganannya, selain itu seorang pelanggan juga akan membicarakan produk-produk anda (secara gratis) kepada teman-temannya atau sanak famili-nya. Hal itu sangatlah luar biasa, karena anda mendapatkan berbagai keuntungan dimana keuntungan terbesar adalah anda bisa beriklan secara gratis dan lebih efektif untuk memperoleh pembeli yang baru dan membuat pembeli itu menjadi seorang pelanggan. Itulah dasar dari jaringan pemasaran !

BAGAIMANAKAH HUBUNGAN ANTARA PEMBELI DAN PENJUAL?

Seorang pembeli akan selalu mencari produk-produk yang lebih baik daripada produk-produk sebelumnya. Oleh karenanya untuk menjaga agar pembeli tidak mencari produk yang lain, maka seorang penjual haruslah memiliki kemampuan dalam menawarkan produk, memberikan penawaran terbaik, dan menjaga hubungan dengan si pembeli.

Hal ini sangatlah penting, karena untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak seorang pembeli harus diperlakukan demikian. Namun, jangan berorientasi pada uang saja tapi berorientasilah pada network yang sedang di bangun. Jika network anda semakin luas, maka semakin terbukalah peluang-peluang dan pembeli baru.

APA PENGARUH PEMBELI TERHADAP SEBUAH PRODUK?

Jawaban pertanyaan ini adalah SANGAT BESAR. Apabila produk si penjual tidak bagus namun si penjual melebih-lebihkan produ-nya, maka di jamin akan keluar kata-kata yang tidak mengenakkan dari si pembeli ketika menggunakan produk. Jadi untuk menghindari hal-hal tersebut, jujurlah pada semua pembeli anda. Jangan membuat atau menambah-nambahkan sesuatu yang tidak ada pada produk yang anda jual.

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MEMPEROLEH PEMBELI LEBIH BANYAK LAGI?

Coba anda pilih cara terbaik dari cara-cara ini yang bertujuan untuk mendapatkan pembeli.

  1. Mencari banyak calon pembeli,

  2. Mencari satu calon pembeli.

Pilihan pertama lebih berkonsentrasi dalam hal meningkatkan trafik (kunjungan) ke toko anda, semakin besar trafik-nya semakin besar pula produk anda terjual. Sedangkan pilihan kedua lebih berkonsentrasi kepada jaringan (network) potensial, yang artinya anda lebih condong untuk memberikan servis terbaik pada satu pelanggan daripada memberikan servis yang nanggung ke banyak pelanggan.

Kedua pilihan ini bisa digunakan untuk kondisi yang berbeda-beda. Pilihan pertama sangat bisa digunakan apabila produk anda di jual di toko. Di mana semakin banyak orang yang tertarik dengan produk anda, maka semakin banyak pula keuntungan yang anda peroleh. Jadi jika produk anda kurang bagus dan harganya tidak sesuai dengan harapan mereka, maka siap-siap saja untuk kehilangan pembeli potensial.

Namun pilihan kedua, bisa digunakan di berbagai kondisi. Biasanya pilihan kedua digunakan untuk produk-produk yang bersifat jasa. Apabila jasa yang anda berikan pada pembeli sangat memuaskan maka diyakini akan semakin banyak pembeli yang datang untuk menggunakan jasa anda. Selain itu meskipun produk anda mahal dan kurang bagus, namun si pembeli akan lebih memilih produk anda karena anda memberikan servis terbaik pada pembeli potensial ini. Selain itu dari pembeli potensial ini anda akan memperoleh pembeli-pembeli potensial lainnya.

Jadi mana pilihan yang anda pilih, apakah anda mementingkan trafik atau pelanggan potensial.

BAGAIMANA CARANYA AGAR PEMBELI BISA MENJADI PELANGGAN SETIA?

Jika dari pertanyaan sebelumnya anda menjawab pilihan kedua, maka anda bisa mengubah seorang pembeli menjadi pelanggan setia.

2 thoughts on “ARTI SEORANG PEMBELI

  1. Berpikir terbalik dari apa yg org biasa pikirkan adalah hal yg sangat penting…membuat kt jd luar biasa…thank u very much…tulisan yg membrkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s