STORYLINE IKLAN MIE SEDAP !


Sebenarnya iklan mie sedap itu sudah ada, di mana grup band Padi menjadi duta-nya. Iklan terakhir yang saya lihat adalah ketika Padi ke Inggris dan membawa Mie Sedap ke sana untuk kemudian dinikmati oleh masyarakat Inggris di sebuah rumah.

Yah, memang sih kalau dari iklan mie sedap itu yang paling saya ingat adalah Jingle lagu-nya. Namun dalam hal pem-visualisasi-an terlalu sederhana dan tidak membuat sesuatu yang mampu menarik banyak orang. Jadi iklan Mi sedap versi itu yang mampu menarik minat orang adalah jingle lagu-nya.

Saya teringat akan kata-kata Mark Hughes bahwa untuk membuat sebuah produk di kenal banyak orang adalah dengan melakukan enam kiat pemberitaan sebagai berikut:

  1. Membuat cerita tabu (seks, bualan, atau humor kamar mandi)

  2. Membuat cerita yang luar biasa.

  3. Membuat cerita yang memalukan atau menyakitkan

  4. Membuat cerita yang menggembirakan

  5. Membuat cerita yang mudah di ingat

  6. Membuat cerita yang berbau misteri / rahasia

Jingle lagu dari versi iklan sebelumnya masih kita pakai, karena jingle itu masuk dalam hal cerita yang mudah di ingat. Sedangkan untuk visual kita ganti dengan yang baru.

Masih ingat dengan kerusuhan suporter sepakbola di kediri atau di Jakarta (senayan) ketika tim lokal bertanding. Luar biasa sekali kan kejadiannya. Mmm…yap kita mendapatkan cerita yang luar biasa untuk membuat Iklan ini. Bagaimana jika iklan yang di buat dikaitkan dengan kerusuhan suporter sepakbola itu.

Sekarang saya akan langsung memberikan storyline-nya.

  1. Diperlihatkan kepemimpinan wasit yang tidak benar, menganulir gol dan lain sebagainya.

  2. Penonton marah dan mulai keluar dari pagar pembatas

  3. Para penonton mengejar wasit dan sangat berhasrat sekali untuk memukul dan menendang wasit itu

  4. Diperlihatkan juga para penonton yang membakar gawang dan tribun

  5. Keadaan saat itu sangat kacau sekali

  6. Tiba-tiba dari arah pintu keluar ganti pemain, ada Bambang Pamungkas (cari pemain lokal yang paling tinggi rating-nya, bisa di lihat dari kelakuannya atau penampilannya).

  7. Dia tidak mengenakan kaos bola-nya tapi dia memakai pakaian koki kemudian dia mulai memasak dengan gaya bermain bola.

  8. Mmmm…baunya menggoda para penonton, sehingga mereka semua terdiam dan mencari sumber bau tersebut.

  9. Mereka bersama-sama memakan mie sedap sambil menyanyikan jingle lagu mie sedap.

Note:

Item nomor 6 dan 7 bisa di ganti dengan kemunculan band PADI yang menyanyikan jingle lagu mie sedap, di sekeliling band ada dua tim (persik dengan persija) yang makan Mie Sedap. Sehingga item 8 dan 9 bisa di ganti dengan mencari sumber lagu, kemudian bersama-sama melebur menjadi satu dengan para pemain bola yang menyanyikan jingle mie sedap.

Dari storyline itu, banyak hal/pesan yang bisa di ambil dengan memakan mie sedap antara lain:

  • Mie Sedap membawa kedamaian

  • Mie Sedap memiliki bau dan rasa yang sedap

  • Rasa mie sedap disukai banyak orang

  • Jingle lagunya disukai banyak orang

Yap, riset selama satu hari dan pembuatan storyline hanya dalam waktu satu setengah jam selesai sudah. Fiuuuuhhh, cepat juga ya. Tapi ya ini hanyalah kerjaan seorang amatir yang ingin menjadi seorang professional, dipakai syukur ngga dipakai ya lumayanlah buat mengasah otak commercial marketing…he..he..he

Lain kali saya akan memikirkan iklan yang lain lagi dan tentu saja dengan produk yang berbeda.

See You Then….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s