BIKIN IKLAN !


Hari ini saya membaca sebuah buku marketing yang menitikberatkan pada persoalan buzzmarketing alias pemasaran secara lisan.

Di buku itu dijelaskan sebuah iklan bir yang tidak terkenal tapi mampu menjadi bir urutan kedua di Amerika Serikat. Saya tertarik dengan apa yang diperbincangkan di buku karangan Mark Hughes ini, karena ini menginspirasi saya untuk membuat sebuah iklan. Yah meskipun mungkin hanya muncul dalam bentuk tulisan, namun apa yang saya pikirkan ini adalah sebuah pekerjaan yang mampu mengasah otak dalam meningkatkan pemasaran sebuah produk.

Tak berapa lama kemudian tiba-tiba di otak saya terbersit sebuah cara untuk mengasah otak dalam mempelajari pemasaran. Caranya adalah dengan mencari sebuah produk di rumah, produk apa saja. Kemudian setelah produk yang ingin dijadikan ajang latihan ketemu, langsung deh akan saya coba pikirkan bagaimana cara memasarkannya.

Karena saya pernah bekerja di dunia pertelevisian, maka saya ingin masuk ke dunia iklan TV. Oleh karenanya, saya akan memikirkan bagaimana membuat sebuah produk iklan yang mampu menjaring banyak orang yang melihat iklan tersebut.

Oke, sekarang saya mencari produk apa yang harus di buat iklan TV-nya. Mmmm…saya pikir bagaimana kalau saya coba mengiklankan produk Mie Instan. Katakan saja merek produk ini adalah Mi Sedap keluaran wings.

Setelah produk-nya ketemu, lalu yang saya pikirkan selanjutnya adalah siapa saja pesaing dari mi Sedap. Sejauh yang saya tahu pesaing terberat mie sedap adalah Indomie keluaran Indofood.

Setelah itu hal selanjutnya yang harus saya pikirkan adalah apa kehebatan mi sedap dan apa kekurangannya. Lalu apa keunggulan indomie, dan ceruk apa yang bisa di ambil dari Indomie. Tentu saja hal ini memerlukan riset yang memakan waktu lama, namun untuk mudahnya saya coba analisis hal tersebut dari keluarga dan tetangga-tetangga saya saja. Maklum, ngga ada dana buat nyari data lebih lengkap..he..he..

Setelah tanya ini itu ke seluruh keluarga dan tetangga saya, akhirnya saya memperoleh beberapa jawaban. Beberapa pertanyaan yang saya tanyakan adalah sebagai berikut!

  1. kira-kira produk apa yang paling mereka kenal, apakah Indomie atau Mi Sedap?

  2. Kalau jawabannya Indomie, kenapa mereka memilih produk itu? dan sebaliknya jika mereka memilih Mi Sedap, kenapa mereka memilih mi sedap?

  3. Apakah iklan mie sedap di ingat oleh mereka?

Berdasarkan hemat saya, pertanyaan-pertanyaan di atas bisa menjadi dasar dalam membuat iklan yang paling cocok untuk Mi Sedap. Meskipun begitu saya akui jika survey dan pertanyaannya kurang lengkap. Maklum kurang dana..he3x..

Sebenarnya untuk mendapatkan jawaban itu, saya bisa menyebarkan kuesioner ke semua teman saya di newsgroup atau lewat blog saya. Namun, karena ini hanyalah sebuah ajang untuk mengasah otak saya dalam membuat iklan, maka hal itu saya urungkan karena saya ingin mencoba untuk membuat iklan produk lain. Jika menyebarkan kuesioner lewat media internet, biaya dan waktu untuk memperoleh jawaban-jawaban itu bisa lebih efektif dan efisien. Saya juga tidak akan menyangkal kemampuan dunia nyata. Oleh karena itu, jika saya punya dana berlebih mungkin saya akan terjun langsung ke toko-toko, warung, toserba, supermarket, hypermarket, universitas, dan bahkan saya akan menanyakan langsung kepada para pegawai Wings yang memproduksi Mie Sedap. Karena dengan begitu, data yang saya perlukan akan jauh lebih valid atau sempurna.

Kembali lagi ke jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang saya sampaikan di atas. Rata-rata dari keluarga dan tetangga saya menjawab mereka lebih mengenal Indomie daripada

Mie Sedap. Analisa saya, ini disebabkan karena Indomie sudah ada jauh sebelum Mi Sedap muncul. Selain itu, iklan Indomie cukup fenomenal (meskipun saya sudah lupa) sehingga mampu menarik banyak orang. Bayangkan saja, Indomie mampu mengalahkan Supermie yang jauh lebih tua umurnya daripada Indomie.

Lalu bagaimana soal rasa dari kedua produk ini. Mereka menjawab bahwa mie sedap lebih enak rasanya dibandingkan Indomie. Mmm…menurut saya ini adalah sebuah keunggulan yang bisa digunakan dalam membuat iklan Mie Sedap. Lalu kenapa bisa mi sedap lebih enak daripada Indomie? Mereka menjawab bahwa mie sedap itu lebih gurih daripada indomie.

Oke, dari jawaban-jawaban itu maka saya simpulkan bahwa Rasa Mie Sedap lebih unggul dibandingkan dengan Indomie. Jadi saya akan membuat iklan di mana salah satu unsur utamanya adalah soal rasa.

Jadi setelah melakukan analisa-analisa di atas, langkah selanjutnya adalah menyusun skenario iklan Mi Sedap.

Tinggalkan Balasan

