CARA MENJADI PRODUSER HEBAT


Kali ini saya ingin berteori tentang bagaimana menjadi seorang produser yang hebat. Produser yang akan saya bicarakan di sini adalah produser TV bukan produser radio atau film. Teori ini saya susun berdasarkan pengalaman saya selama bekerja di Trans7.

Selama saya bekerja di sana, ada beberapa kriteria produser yang berbeda satu sama lainnya. Ada produser yang galak, pintar, tegas, cerdas, terburu-buru, kagetan, dan banyak kriteria lain lagi.

Inti sari cerita yang akan saya bagikan adalah berdasarkan pengamatan saya pada produser-produser yang bekerja, khususnya di kantor tempat saya bekerja dulu. Untuk menjadi seorang produser yang hebat saya mengambil beberapa kesimpulan, antara lain:

  1. Mengenal dirinya terlebih dahulu

  2. Mengenal tim-nya (PA, Creative, UPM, Campers, Audiopers, dll)

  3. Bekerja sebagai tim

  4. Bertugas hanya untuk menjadi seorang manajer (pengatur tim)

  5. Tidak menyalahkan tim jika gagal, tapi mendorong untuk memperbaiki kegagalan

  6. Mencari waktu santai / istirahat untuk dirinya sendiri dan tim

  7. Menikmati program acara-nya sendiri

  8. Tidak membuat tekanan ketika acara sedang berlangsung

Dari ke-8 poin itu, saya akan membahas satu per satu. Kita mulai dari mengenal dirinya sendiri.

  1. Mengenal Dirinya Sendiri Terlebih Dahulu

Untuk mencapai kesuksesan dalam menangani sebuah program televisi, pertama-tama yang harus di lihat adalah dirinya sendiri.

Lihat apakah produser itu mampu mengatur beberapa hal seperti manajemen waktu, tugas, tim, program, dan kehidupan pribadinya. Berusaha-lah untuk bisa mengatur semua hal dengan sempurna atau paling tidak mendekati sempurna.

Jika dirasakan ada kekurangan maka jangan diam saja, lekas perbaiki kekurangan itu. Cari terus pertanyaan-pertanyaan seputar diri sendiri dan terbuka dalam menerima pendapat semua orang tanpa terkecuali.

  1. Mengenal Tim-nya

Jika produser itu tidak mengenal tim-nya dengan baik, di jamin program yang dihasilkan tidak akan bagus. Kenalilah anggota tim, semuanya ! jika sudah kenal dengan baik maka produser itu bisa menempatkan anggotanya di tempat yang tepat. Karena banyak produser yang belum begitu kenal dengan anggotanya, tetapi langsung menugaskan kepada anggotanya itu tanpa menanyakan terlebih dahulu kemampuannya.

Hal ini sangat penting, Karena banyak teman-teman saya yang mengeluh ketika diberikan tugas yang belum terlalu dikuasai, dan akhirnya hal itu berimbas pada program. Meskipun pada akhirnya teman saya mampu menguasai hal tersebut, namun tetap saja berimbas negatif pada program-nya.

Oleh karena-nya kenalilah tiap anggota dari tim, dan tanyakan kemampuan-nya masing-masing. Karena siapa tahu dari anggota-nya itu bisa di peroleh ide-ide untuk meningkatkan rating/share program.

  1. Bekerja sebagai Tim

Tim adalah sebuah kesatuan, tanpa tim seorang produser cerdas sekalipun tidak akan bisa membuat sebuah program. Tetapi jika tim yang dipimpinnya itu tidak bisa melakukan pekerjaan dengan benar, maka yang patut disalahkan adalah produser-nya.

Kenapa? Karena itu berarti sang produser tidak mampu mengatur pekerjaan anak buah-nya. Dan akibatnya akan sangat fatal, program-nya akan dikerjakan secara asal-asalan dan tidak ada keinginan untuk mencari sesuatu yang baru untuk meningkatkan share/rating.

Jadi sebagai produser, jangan hanya marah-marah dan memaki anggota-nya. Tetapi pikirkan juga bagaimana solusi dalam mengatasi masalah, dan bagi-bagi tugasnya ke masing-masing anggota.

 Postingan selanjutnya akan membahas sisa dari cara menjadi produser hebat.

7 thoughts on “CARA MENJADI PRODUSER HEBAT

    • terimakasih mas atas artikelnya,akan saya jadikan pegangan.

      saya tertarik pada dunia pertelevisian, tapi saya masih sangat awam.
      mas bagi-bagi pengalaman dong, bagaimana caranya menjadi seorang produser tv,.. thx sblum’y…

  1. saya msh menantikan tips menjadi Produser Tv yg lain Teman…!!!!! krn kebetulan saya berencana memulai karir sbg Produser Tv Lokal di kota saya!!!
    pengalaman blm ada,krn saya besar di Dunia Radio selama 8 thn…..mohon bantuannya🙂

    Johan

  2. Bung Denny…..mohon untuk di lanjutkan, saya sangat butuh tulisan anda, karena saya pun sama dengan Bung Johan, dan hampir menjadi produser tv lokal. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s