Apa manfaat blog bagi perusahaan ?


Blog adalah sebuah media yang dimanfaatkan untuk menyebarkan ilmu, kritikan, saran, dan bahkan menjadi buku harian seseorang atau perusahaan.

Dalam dunia pemasaran, blog memberikan sumbangsih yang cukup besar dan bahkan menjadi bagian vital dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya blog, sebuah perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan riset dalam hal pencarian masalah. Begini, jika sebuah perusahaan hendak mencari atau mengembangkan produk baru maka perusahaan itu akan mencari koresponden, ahli statistik, penguji produk (tester), dll.

Dengan adanya blog, perusahaan itu bisa memperoleh data-data kelayakan produk dengan lebih murah, mudah, dan cepat. Misalkan saja begini, si pemilik perusahaan dan para pegawainya masing-masing membuat blog. Di setiap blog itu masing-masing pegawai memberikan informasi seputar produk yang mereka buat atau kembangkan. Maka evangelist (pelanggan setia) dan pelanggan tetap produk perusahaan itu akan memberikan tanggapan atas produk yang di bahas. Tanggapan itu bisa positf dan juga bisa negatif. Perusahaan itu bisa memperoleh tanggapan hanya dalam waktu 24 jam kurang. Sangat cepat dan mudah, perusahaan tidak perlu membuang-buang waktu mencari sebuah masalah yang sedang dihadapi oleh para pelanggannya.

Terdapat banyak alat untuk mendapatkan data-data blog dari orang-orang yang membicarakan produk anda. Seperti technorati yang memberikan data-data yang membicarakan produk anda, atau google yang memberikan data statistic seberapa besar produk anda dibicarakan. Data-data yang mereka sajikan sama seperti webstats, sebuah alat statistic yang memberitahukan pengunjung yang datang ke situs anda. Masih banyak lagi alat-alat gratis dan murah untuk memperoleh data seperti itu, saya akan post-kan lagi perihal alat-alat ini.

Perlu diketahui bahwa peranan orang yang menulis blog sangat menentukan tingkat kepopularitasan produk. Misalnya saja coba anda pikirkan blog mana yang akan anda kunjungi di antara kedua blog yang dibuat oleh direktur perusahaan atau pegawai perusahaan. Tentu saja, direktur-nya lah yang akan kita kunjungi pertama kali. Jadi jika anda adalah seorang direktur sebuah perusahaan, sempatkanlah untuk menulis blog karena dengan begitu pemasaran viral perusahaan anda akan semakin berkembang.

Di USA (berdasar buku pemasaran blog karya Jeremy Wright) ada sebuah perusahaan kunci terkenal yaitu kryptonite. Perusahaan ini membuat produk-produk kunci seperti kunci sepeda, gembok, dll. Pada suatu ketika ada seorang blogger (penulis blog) yang menulis di blognya bahwa gembok terbaru buatan kryptonite bisa di buka dengan menggunakan sebuah pulpen. Ini adalah sebuah bencana bagi perusahaan itu. Kryptonite baru mengetahui tulisan itu sekitar satu minggu kemudian, dan perusahaan ini menderita kerugian yang sangat banyak selain itu perusahaan ini harus berurusan dengan hukum.

Hal ini memberikan sebuah hikmah, yaitu di setiap perusahaan haruslah ada orang yang mengecek keberadaan blog, kalau perlu jabatan blogger diadakan. Omongan orang di internet atau blog menyebar sangat cepat, dan jika kita ketinggalan informasi sedikit saja akan memberikan dampak yang luar biasa besar pada perusahaan.

Ada satu kasus lagi, saya menemukan sebuah blog yang menceritakan kejelekan sebuah internet provider baru di Jakarta yang memberikan layanan dengan harga murah. Saya tidak tahu apakah si perusahaan itu cepat mengatasi masalah yang terjadi, akan tetapi saya melihat tanggapan dari berbagai orang yang pertama menyatakan tertarik untuk berlangganan internet di provider itu menjadi berpaling ke provider lain yang lebih mahal.

Dengan begitu anda bisa tahu dampak dari dibiarkannya blog-blog para pelanggan anda. Saya pikir di jaman informasi seperti sekarang, harus ada profesi yang mengecek keberadaan blog, newsgroup, email, dan fasilitas-fasilitas lain di internet. Dengan semakin banyaknya pengguna internet di Negara kita, maka akan semakin banyak pula yang memberikan tanggapan pada produk anda melalui internet.

Jadi keberadaan blog bagi sebuah perusahaan sangat penting, coba anda lihat perusahaan-perusahaan yang termasuk 500 besar di dunia. Rata-rata direktur atau manajernya memiliki blog yang membicarakan masalah produk yang di buatnya. Mereka membicarakan produk-nya dengan sangat gamblang dan terbuka. Seperti pimpinan GM (General Motor) yang membuat blognya menjadi terkenal karena dia adalah pimpinan GM dan membicarakan segala hal tentang produk terbaru GM dengan jujur dan gamblang.

Jika anda atau perusahaan anda belum memiliki blog saat ini, buatlah blog sekarang juga. Karena akan sangat terasa manfaatnya di kemudian hari.

Lain kali akan saya post-kan manfaat-manfaat lain dari blog dan fasilitas-fasilitas internet.

One thought on “Apa manfaat blog bagi perusahaan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s