Akhirnya woodvehicle.com mengudara juga di jagat on-line


Tanggal 07 maret 2008 kemaren saya sangat berbahagia, karena akhirnya situs bisnis pertama-ku mengudara juga. Situs itu saya namakan http://www.woodvehicle.com. Sesuai dengan namanya, situs saya ini menampilkan kerajinan-kerajinan tangan buatan negri sendiri yang berbasiskan pajangan kendaraan yang terbuat dari kayu.
Situs ini bisa di bilang sebuah toko on-line yang kesekian ribu dari beribu-ribu toko on-line yang ada di Indonesia. Yah meskipun saya baru membuat situs dan meluncurkannya di saat toko-toko on-line lain sudah menjamur, namun saya sangat bersyukur karena situs ini adalah cita-cita saya sewaktu masih menuntut ilmu di bangku kuliah.
Saya sangat berharap situs ini bisa menjadi sebuah situs e-commerce yang bisa membantu dalam memasarkan produk-produk dalam negri ke luar negri. Yah itung-itung berperan sedikit dalam hal memajukan bangsa. Dengan meningkatkan ekspor maka pendapatan para perajin di daerah-daerah bisa ikut meningkat, mudah-mudahan kehidupan mereka di daerah semakin maju dan kemiskinan bisa hilang dari daerah-daerah itu.
Meskipun begitu, dalam pembuatan situs ini saya tidak mengeluarkan modal yang begitu besar. Berbekal sedikit pengetahuan saya di bidang pembuatan website dengan menggunakan Joomla sebagai basis CMS-nya maka saya mampu membuat situs ini hanya dalam waktu 1 minggu. Thanks a lot Joomla, I love you so much.
Sekarang pekerjaan saya selanjutnya adalah memasarkan produk-produk ini melalui situs saya ke semua orang di dunia. Makanya situs ini menggunakan bahasa inggris, biar orang-orang internasional bisa membaca isi dari situs ini. Yah meskipun begitu saya tidak akan menolak kalau ada orang kita yang mau membeli kerajinan tangan buatan negri sendiri. Barang-barangnya bagus dan berkualitas loh, di jamin deh ngga bakalan kecewa.
Dalam hal memasarkan secara online saya masih harus belajar banyak. Mungkin dalam hal memasarkan inilah saya memerlukan banyak waktu, sampai bisnis ini bisa berjalan sendiri. Saya membaca semua buku, artikel, bahkan nyontek ke orang-orang yang sudah membangun situs e-commerce untuk mendapatkan ilmu pemasaran on-line. Lumayan-lah banyak hal baru yang ku dapat misalnya penggunaan email dalam ecommerce, blog, meningkatkan traffic, berhubungan baik dengan search engine seperti google, dan banyak lagi strategi-strategi marketing online yang harus saya pelajari dan saya terapkan di sini. Nanti akan saya post-kan metode-metode terbaik dalam hal marketing online di blog saya ini, tapi sebelumnya saya coba dulu ya.
Selain belajar strategi pemasaran online, saya juga belajar cara-cara ekspor. Ini juga salah satu hal yang cukup menyita banyak waktu. Yah seperti yang kita tahu kalau di negri kita ini sistem birokrasi begitu rumit, dan saya dengar dari pemerintah kalau soal ekspor, kita sebagai pengusaha dimudahkan dalam hal pengepakan sampai pengiriman. Saya belum tau sih karena belum ada pesanan, tapi saya berdoa mudah-mudahan saja begitu. Masa kita kalah sama Cina yang produknya banyak terpampang dan berada di urutan teratas di situs-situs perdagangan dunia seperti http://www.alibaba.com, dan http://www.worltrade.com.
Mudah-mudahan situs e-commerce ini bisa sukses, amiiinnnn. Doain ya teman-teman dan jangan lupa kunjungi dan beritahu kawan/lawan di dalam/luar negri tentang situs http://www.vehicle.com ini ya, biar banyak orderan he..he.. (promosi terselubung).

Untuk teman-teman yang akan membuka situs e-commerce pertamanya semoga sukses, jangan menyerah, dan terus belajar ya. Kasih tau kalau ada informasi terbaru tentang cara-cara marketing online, siapa tau kita bisa share. Yah pokoknya hidup Indonesia, semoga orang-orangnya semakin makmur.

One thought on “Akhirnya woodvehicle.com mengudara juga di jagat on-line

Tinggalkan Balasan

